#DIBALIKBARCODE

Silahkan membaca , dan jangan komen sebelum baca sampai habis … apalagi kalau sekedar mau nanya hal yang gak penting .

Yes , gue lagi menjalankan suara yang disebut dengan #DIBALIKBARCODE ,atau ada kampain dunia nya yang disebut #BEHINDTHEBARCODE

Pertanyaan kecil mungkin ya …

Saat lo membeli sebuah produk , apakah lo memperhatikan merk ? Baca kertas yang tertempel ? mungkin lo penasaran apa sih isi produk ini ? buatan manakah ?

Gini … taukah lo salah satu merk sepatu yang paling banyak lo pake hari ini ,ternyata sekarang pabriknya di tuntut karna “MENYIKSA” karyawannya ?

Apakah hal hal seperti itu SAAT LO TAU , akan mempengaruhi lo tetep beli atau mungkin berpikir dua kali ?

Dengan tulisan ini gue TIDAK MAU ada komen “ ya mba blg pemerintah dong “ atau “ ya hukumnya ditegakkin dong “ dll

Kita gak bodoh, percaya deh bahwa yang lo usulin itu dah taunan juga di coba kok dan tetap dijalankan .

Gue lebih pengen tau dari sisi PEMBELI … SAAT LO TAU , APAKAH AKAN MEMPENGARUHI pilihan merk lo ?

TAUKAH LO ADA APA DIBALIK BARCODE BARANG YANG LO BELI ?

Apakah lo mau spend waktu lebih untuk browse berita sedikit sekarang saat lo beli sesuatu ?

Karena kekuatan terbesar adanya justru di Pembeli …saat lo menolak sesuatu , memboikot sesuatu maka perusahaan akan berpikir dua kali .

Itu haL TERKECIL yang minimal bisa kita lakukan .

DALAM NEGERI.

Nah #DIBALIKBARCODE atau #BEHINDTHEBARCODE ini sendiri juga gak sekedar ngurusin dalam negeri.

Cita cita mulia nya mah yaaaaa… semua orang sejahtera , pekerja kita sejahtera sekalipun apa yang merkea kerjakan , dijual nya di luar negeri misalnya .

Dan salah satu ranah kerja PALING PARAH yang ditemukan adalah , para pengupas udang, dimana udang adalah SALAH SATU MAKANAN PALING MAHAL YANG BISA DITEMUKAN DI SUPERMARKET di EROPA , dengan “PENYEDIA” PALING KASIHAN YANG BISA KITA TEMUKAN .

PENYEDIA yang gue maksud disini adalah mereka yang “menyediakan” udang tersebut setelah ditangkap sampai siap di jual …

Apa yang gue sebut di video gue, mulai dari para pekerjanya kerja dengan TARGET sekian ratus dalam sekian jam , larangan untuk membawa pembalut saat datang bulan, sampai ijin ke toilet yang tidak ada atau hanya sangat sebentar sehingga BEBERAPA PEKERJA SEKARANG MENGALAMI INFEKSI KANDUNG KEMIH , mereka yang PINGSAN karena dingin tapi HARUS menggunakan seragam ketentuan tanpa boleh ada baju tambahan, pun sampai ijin bekerja yang HANYA BOLEH SAMBIL BERDIRI selama belasan jam …..

Itu BENAR TERJADI …

Dan saat harga udang udang itu SEMAKIN NAIK di supermarket bule, pekerja kita tidak merasakan kenaikan itu .

Yes kampanye ini sedang mendorong dan memperbaikki banyak hal

Tapi disisi lain , tidak selama nya terjadi hal baik dibelakang merk atau produk atau benda yang kita kenal dengan baik ….

So , bisakah lo jadi pembeli yang bijak ?

Apakah lo mau jadi orang yang selalu “ CEK DULU “ ada apa dibalik BARCODE yang lo bayar ?

TELL ME ..

MELANIE SUBONO

Standard

Leave a comment